Okta88geosama's Blog

Just another WordPress.com weblog

contoh laporan praktikum kartografi (menyalin-peta)

Posted by okta88geosama pada April 5, 2010

BAB. I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Kartografi adalah ilmu dan teknik pembuatan peta (Prihandito, 1989). Proses kartografi adalah proses grafis sampai sebuah gambar menjadi peta yang terlihat informative (map composition).

Bahan kartografi semua bahan yang secara keseluruhan atau sebagian menggambarkan bumi atau benda angkasa dalam semua skala, termaksud peta dan gambar rencana dalam 2 dan 3 dimensi; peta penerbangan, pelayaran, dan angkasa; bola peta bumi; diagram balok; belahan; foto udara, satelit, dan foto ruang angkasa ; atlas; gambar udara selayang pandang, dan sebagainya.

Menurut ICA (International Cartographic Association), yaitu yang dimaksud peta adalah gambaran unsur-unsur permukaan bumi (yang berkaitan dengan permukaan bumi) dan benda-benda angkasa.

Menurut Erwin Raiz, peta merupakan gambaran konvensional permukaan bumi yang terpencil dan kenampakannya terlihat dari atas dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelasannya. Gambaran konvensional adalah gambaran yang sudah umum dan sudah diatur dengan aturan tertentu yang diakui umum.

Menurut Soetarjo Soerjosumarmo, peta adalah lukisan dengan tinta dari seluruh atau sebagian permukaan bumi yang diperkecil dengan perbandingan ukuran yang disebut skala atau kadar.

Peta adalah gambaran permukaan bumi dua dimensi dalam bidang datar yang mempunyai koordinat dan diskalakan. Peta Rupa bumi yang didalamnya menggambarkan tentang informasi kebumian, seperti jenis penggunaan lahanyang digambarkan dalam simbol piktorial, abstrak dan asosiasi.

Dari definisi diatas dapat di mengerti bahwa tugas seorang kartograf adalah membuat peta, yaitu merancang (map design) yang meliputi desain symbol (symbol design), tata letak peta (map lay out) isi peta (map contect) dan generalisasi (generalization. Peta adalah suatu komunikasi grafis yang berarti informasi yang diberikan dalam peta berupa suatu gambar  atau symbol.

Secara sederhana symbol dapat di artikan sebagai suatu gambar atau tanda yang mempunyai arti atau makna tertentu. Symbol dalam suatu peta memegang peran yang sangat penting  bahkan dalam peta-peta khusus ataupu peta tematik, dalam hal ini symbol adalah informasi utama untuk menunjukkan tema suatu peta. Menurut bentuknya symbol dapat di bedakan menjadi

-          Symbol titik

-          Symbol garis

-          Symbol area atau bidang

-          Symbol huruf dang angka

Sedangkan wujud symbol dalam kaitannya dengan unsure yang di gambarkan dapat di bedakan menjadi

-          Abstrak (symbol geometric adalah symbol abstrak yang wujudnya tidak ada kemiripan dengan unsure yang di gambarkan)

-          Setengah abstrak

-          Nyata atau pictorial (symbol pictorial adalah suatu symbol yang dalam kenampakan wujudnya ada kemiripan dengan wujud unsure yang di gambarkan.)

B.  TUJUAN

Adapun tujuan mengikuti praktikum kartografi dalam hal “Menyalin Peta” adalah

  1. Melatih keterampilan mahasiswa dalam menggambar berbagai kenampakan atau fenomena atau simbol (dapat berupa simbol titik, garis, area) yang terdapat dalam suatu peta.
  2. Melatih ketelitian penggambaran.

C.  ALAT DAN BAHAN YANG DI GUNAKAN

Adapun alat adan bahan yang di gunakan dalam praktikum kartografi “menyalin Peta” adalah

-          Gambar atau peta yang akan disalin (guide map),

-          kertas kalkir,

-          rapidograph,

-          sablon,

-          drawing pen,

-           pensil warna,

-           alat tulis dan gambar.

D.  LANGKAH-LANGKAH  KERJA

  1. Menyiapkan alat-alat yang akan dipergunakan (alat gambar dan tulis) termaksuk peta dan gambar yang akan disalin.
  2. meletakkan terlebih dahulu peta pandu (guide map) atau gambar yang akan disalin diatas landasan yang dengan mempergunakan selotip atau perekat , kemudian meletakkan diatasnya  kertas kalkir yang akan digunakan untuk menyalin peta atau gambar.
  3. Memeriksa dengan teliti bentuk kenampakan yang ada pada peta atau gambar tersebut. Apabila anda amati atau cermati, kenampakan tersebut dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu kenampakan titik, kenampakan garis dan kenampakan area atau bidang.
  4. Menyalin peta dengan teliti, terutama penggambaran kenampakan titik, garis dan area dengan memperhatikan rapidograph berukuran apa saja yang akan dipergunakan, dibedakan menurut peta pandu yang akan disalin.
  5. Kemudian, mencantumkan nama hasil praktikum, sumber yang disalin, nama dan nomor mahasiswa saya.

BAB II. PEMBAHASAN

A.  MAMFAAT

Tugas seorang kartograf adalah membuat peta, yaitu merancang (map design) yang meliputi desain symbol (symbol design), tata letak peta (map lay out) isi peta (map contect) dan generalisasi (generalization. Peta adalah suatu komunikasi grafis yang berarti informasi yang diberikan dalam peta berupa suatu gambar  atau symbol.

Mahasiswa geografi dalam mengikuti praktikum kartografi terdapat mamfaat yang di peroleh, namun secara umum mamfaat yang kami peroleh setelah mengikuti praktikum kartografi khususnya dalam bagian “Menyalin Peta” adalah sebagai berikut

  1. Kami dapat meningkatkan pengetahuan kami dalam hal kartografi dan tugas seorang kartograf.
  2. Kami dapat menambah pengetahuan serta melatih keterampilan kami dalam menggambar berbagai kenampakan atau fenomena atau simbol (dapat berupa simbol titik, garis, area) yang terdapat dalam suatu peta.
  3. Kami dapat menambah pengetahuan dan melatih ketelitian penggambaran kami.

B. KESULITAN

Dalam melaksanakan segala kegiatan dalam usahanya selalu terdapat kesulitan-kesulitan baik dari segi pribadi maupun penunjang lainnya. Oleh itu merupakan suatu pertanda ketidak sempurnaan manusia, namun dalam hal ini kita terus berupaya untuk menyempurnakan segala hal yang kita kerjakan sehingga menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Adapun kesulitan kami dalam melaksakan praktikum kartografi “Menyalin Peta” adalah

  1. kami melakukan penggambaran dengan waktu yang lama dan dengan usaha mencapai ketelitian dalam menggambar yang sedikit lambat, sehingga penggunaan waktu sedikit lebih lama.
  2. Kami sedikit kesulitan menterjemahkan fenomena pada gambar sehingga kerap kali terjadi kesalan penterjemahan objek.

C. KENDALA

Dalam melaksanakan segala kegiatan dalam usahanya selalu terdapat kendala-kendala. namun dalam hal ini kita terus berupaya untuk menyempurnakan segala hal yang kita kerjakan sehingga menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Adapun kendala kami dalam melaksakan praktikum kartografi “Menyalin Peta” adalah

  1. Kekurangan jumlah rapidograf sehingga harus mengantri dan secara bergiliran
  2. Gambar hasil foto citra yang kami dapat mungkin kurang terang hasil cetakannya.

D. HASIL PRAKTIKUM

Terlampir di halaman belakang.

BAB III. KESIMPULAN

Kartografi merupakan  suatu seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi pembuatan peta sekaligus mencakup studinya. Proses kartografi adalah proses grafis sampai sebuah gambar menjadi peta yang terlihat informative (map composition). peta merupakan gambaran konvensional permukaan bumi yang terpencil dan kenampakannya terlihat dari atas dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelasannya. Gambaran konvensional adalah gambaran yang sudah umum dan sudah diatur dengan aturan tertentu yang diakui umum.

Peta adalah gambaran permukaan bumi dua dimensi dalam bidang datar yang mempunyai koordinat dan diskalakan. Peta Rupa bumi yang didalamnya menggambarkan tentang informasi kebumian, seperti jenis penggunaan lahanyang digambarkan dalam simbol piktorial, abstrak dan asosiasi.

Tugas seorang kartograf adalah membuat peta, yaitu merancang (map design) yang meliputi desain symbol (symbol design), tata letak peta (map lay out) isi peta (map contect) dan generalisasi (generalization)

Peta adalah suatu komunikasi grafis yang berarti informasi yang diberikan dalam peta berupa suatu gambar  atau symbol. Dalam meyalin peta juga ketelitian terhadap penampakan symbol sangatlah di perlukan sehingga penggambaran kembali peta tidak lah terjadi kesalahan penejermahan dan tidak merubah informasi dasar peta tersebut.

About these ads

Satu Tanggapan to “contoh laporan praktikum kartografi (menyalin-peta)”

  1. okta88geosama berkata

    oke pak…saya nntr saya input lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: