Okta88geosama's Blog

Just another WordPress.com weblog

hasan tiro wafat, sang teungku umar no.2

Posted by okta88geosama pada Juni 3, 2010

hari ini sedikitnya masyarakat aceh bersedih. salah seorang pejuang hak otoritas dan prioritas aceh telah wafat, Tengku Hasan Tiro, meninggal dunia, Kamis  (3/6) pukul 12.12 WIB di RS Zainoel Abidin, Banda Aceh. Sejak beberapa waktu lalu, ia menderita gangguan pada paru-paru dan infeksi pada jantung.

Hasan Tiro lahir pada 25 September 1925. Ia merupakan anak kedua pasangan Tengku Pocut Fatimah dan Tengku Muhammad Hasan. Tengku Pocut inilah cucu perempuan Tengku Chik Muhammad Saman di Tiro yang juga seorang Pahlawan Nasional.

dalam perjuangan nya jelas beliau telah menunjukkan bahwa hal utama yang di perjuangan beliau adalah hak otoritas, prioritas dan kesejahteraan masyarakat aceh. terbukti dengan perdamaian dan hal yang yang di perjuangankan dalam UUPA dan perjanjian MoU Helsingki. saat ini masyarakat aceh telah merasakan sedikit kelonggaran dengan otonomi khusus dalam pemerintahan dan dari hal ini pula masyarakat aceh saat ini menjadi bagian yang di perhitungkan dan di prioritas kan pemerintah Indonesia dalam wadah NKRI.

saya adalah masyarakat yang menilai sisi perjalanan dalam perjuangan sang wali teungku hasan tiro, dalam segi penilaian saya, perjuangan beliau dalam membela masyarakat aceh persis kira nya bak sang pahlawan aceh Teungku Umar, walaupun pada awalnya niat baik beliau dalam langkahnya di nilai sebagai suatu pergerakan yang salah, karena mengakibatkan banyak korban. tapi terbukti bahwa apa yang beliau perjuangkan di saksikan oleh kita yang hidup saat ini, bahwa bangsa aceh kembali di ingat jasa nya bagi indonesia dan apa yang menjadi hak seharusnya di dapat masyarakat aceh atas jasa nya.

saat ini pemerintah aceh telah mendapatkan suatu keleluasaan nya menjalankan pemerintah berdasarkan ke acehan nya. di samping itu potensi potensi aceh baik secara alam maupun sosial dapat di daya gunakan dan di kembangkan oleh masyarakat aceh sendiri, terlepas karena saya tidak berbicara soal dinamika dalam konteks kecil. jelasnya karena hal tersebut masyarakat aceh telah sedikit merasakan kesejahteraan atas potensi dalam aceh. bukti keadaan saat ini. dan itu adalah buah perjuangan yang tersirat dari perjuangan sang teungku umar no.2 teungku hasan tiro. walaupun hal ini masih belum maksimal karena belum masih ada hal-hal yang harus di perjuangan kan mengenai hak-hak masyarakat aceh ini. terikat pada memaksimalkan UUPA sesuai dengan perjanjian damai MoU helsingki.

akhir kata yang ingin saya ucapkan. terima kasih pak wali, terimakasih teungku hasan tiro, terimaksih sang teungku umar no.2, engkau telah menunjukkan marwah dirimu sebagai putroe aceh bahwa itu nilainya tinggi. karunia Allah dan berkah Allah keu teungku wali aceh geutanyoe. dan seharusnya tempat yang layak atas ke ihklasan hati dalam memperjuangankan hak masyarakat aceh.

selamat tinggal teungku hasan tiro. doa saya putra aceh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: